BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 14 Februari 2010

dasar-dasar komunikasi

Bab 1 dasar-dasar komunikasi
A/. Pengertian komunikasi
Menurut carl I. Hovland menyebutkan secara jelas bahwa komunukasi adalah ilmu sebagai berikut: science of communication is a systematic attempt to formulate in rigorous fashions the principles by which information is transmitted and option and attitudes are formed (Hovland dalam efendy: 6). Ilmu komunikasi merupakan satu upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas prinsip-prinsip, dan atas dasar prinsip-prinsip tersebut di sampaikan informasi serta di bentuk pendapat dan sikap.
A. model komunikasi
Model komunukasi aristoteles berpendapat bahwa pada setiap komunikasi terdiri atas tiga (3) unsure penting yaitu: pembicara, apa yang di bicarakan, dan penerima. Pembicara meripakan sumber komunikasi. Dibicarakan merupakan pesan yang di sampaikan komunikator kepada orang yang di tuju. Penerima merupakan orang yang menerima pesan dari seseorang yang di sampaikan oleh pembicara tersebut.
B. komunikasi personal/pribadi
Komunikasi personal/pribadi ini dapat di bedakan lagi menjadi dua, yaitu:komunikasi intrapribadi dan komunikasi interpribadi.
a. Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang tersebut dapat bertindak sebagai sumber dan sekaligus sebagai peneima pesan.
b. Komunikasi antarpribadi (interpersonal communicate) merupakan komunikasi antara seorang individu dengan individu yang lain, dimana masing-masing dapat bertindak sebagai sumber atau penerima pesan.
C. Komunikasi organisasi
Komunikasi organisasi yang terjadi di lingkungan organisasi saja. Organisasi diferensiasi sebagai suatu unit social yang di koordinasikan dengan sengaja.
a. Komunikasi public (public communication) seorang yang bertindak sebagai sumber mentampaikan pesan kepada orang banyak, yang tidak dapat di ketahui secara pasti berapa jumlahnya.
D. Bentuk komunikasi
Secara umum bentuk dasar komunikasi di bedakan menjadi dua yaitu: komunikasi non verbal dan komunikasi verbal
A. Komunikasi non verbal adalah kumpulan isyarat gerak tubuh, intonasi suara, sikap dan sebagainya yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi tanpa menggunakan kata-kata.
a. Manfaat komunikasin non verbal
Alas an mengapa orang-orang berkomunikasi menggunakan non verbal yaitu sifatnya dapat di percaya (reliable).
b. Tipe komunikasi non verbal
Jenis/tipe komunikasi non verbal ada banyak sekali, Boveedan Thill mengemukakan ada lebih dari 700.000 itpe/jenis komunikasi non verbal.
B. Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbul-simbul yang mempunyai makna yang berlaku umum dalam proses komunikasi.
a. Tipe Komunikasi verbal dibedakan menjadi dua, berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi dalam proses komunikasi, yaitu: berbicara - menulis dan mendengar-membaca.
B/. Hambatan Komunikasi
A. Sifat hambatan
Hambatan yang bersifat objektif merupakan hambatan terdapat komunikasi yang disebabkan oleh keadaan yang tidak menguntungkan, gangguan ini dapat berupa gangguan fisik seperti gangguan pengeras suara.
Hanbatan yang bersifat subjektif merupakan hambatan yang sengaja di buat seseorang agar komunikasi tidak berjalan dengan lancer.
B. Factor-faktor penghambat
a. Gangguan fisik
b. Gangguan semantic
c. Dan masih banyak gangguan-gangguan yang lainya.




Bab 1 sudah selesai………

Nama : hadi
Nama Panggilan :ady

0 komentar: