BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 26 Januari 2010

manajemen pengantar

Dasar-Dasar Pemasaran


Mengapa Manajer Membuat Perencanaan?

Maksud Perencanaan
Perencanaan adalah proses yang mencakup mendefinisikan sasaran organisasi, menetapkan strategi menyeluruh untuk mencapai sasaran itu, dan mengoordinasikan pekerjaan organisasi.

Bagaimana Manajer Membuat Perencanaan?

Peranan Sasaran dan Rencana Dalam Perencanaan
Sasaran adalah hasil yang di inginkan untuk individu, kelompok, dan seluruh organisasi
Rencana adalah dokumen yang merangkum cara mencapai sasaran yang mecakup alokasi sumber data, penyusun djatwal, dan tindakan yang di perlukan.
Jenis sasaran secara sekilas, mungkin tampak bahwa organisasi mempunyai tujuan tunggal: bagi perusahaan bisnis, adalah memperoleh laba; atau bagi organisasi nirlaba adalah memenuhi kebutuhan sejumlah kelompok yang melayani .
Sasaran yang di tetapkan adalah pernyataan resmi yang mengenai apa yang di katakana oleh organisasi, dan apa yang yakini oleh berbagai stakeholder sebgai sasarannya.
Sasaran nyata adalah sasaran yang sebenarnya dikejar oleh organisasi, seperti yang didevinisikan oleh tindakan para anggotanya.

Jenis-Jenis Perencanaan
Perubahan keputusan rasional rencana stratejik adalah rencana yang berlaku bagi organisasi secara keseluruhan, menjadi sasaram umum organisasi tersebut, dan berusaha menempatkan organisasi tersebut kedalam lingkungannta.
Rencana operasional adalah rencana yang memerinci detail cara mencapai sasaran menyeluruh.
Rencana jangka panjang adalah rencana dengn kerangka waktu lebih dari tiga tahun.
Rencana jangka pendek adalah rencana yang mencakup satu tahun atau kurang.
Rencana spesifik adalah rencana yang dideinisikan dengan jelas dan tidak memberi ruang untuk penafsiran.
Rencana pengarah adalah rencana yang fleksibel dan menjadi pedoman umum.
Rencana sekali pakai adalah rencana yang di gunakan satu kali saja yang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan situasi yang unik.
Rencana terus-menerus dalah rencana yang berkesinambungan yang menjadi pedoman kegiatan-kegiatan yang di lakukan secaraq berulang-ulang.


Menetapkan Sasaran dan Mnegembangkan Rencana

Pendekatan Untuk Menetapkan Tujuan
Perapan sasaran tradisional adalah sebuh pendekatan untuk menetapkan sasaran di mana sasaran di tempatkan di tingkat atas organisasi dan kemudian di pecah menjadi sub-sasaran untuk masing-masing organisasi.
Rantai sasaran hasil adalah jaringan sasaran terpadu yang mana pencapaian sasaran pada satu tingkatan menjadi sasaran untuk mencapai sasaran atau hasil pada tingkat selanjutnya.
Manajemen berdasar jumbo (MBO) adalah sistem manjemen di mana sasaran kinerja yang rinci di temukan bersama-sama oleh karyawan dan para manajer mereka, kemajuan ke arah pencapaian sasaran di kaji secara berkala, secara imbalan di bagi-bagi berdasarkan kemajuan itu.

Faktor Kontingensi Dalam Perencanaan
Konsep komitmen adalah rencana harus cukup jauh membentang supaya dapat mencapai komitmen yang di bnuat rencana tersebut di susun.

Pendekatan Terhadap Rencana
Departemen perencanaan formal adalah selompok spesialis perencana yang tanggung jawab utamanya adalah membantu menuliskan berbagai rencana oganisasi.






Manajemen Stratejik

Pentingnya Manajemen Stratejik

Apakah manajemen stratejik itu?
Manajemen stratejik adalah sekelompok keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kerja jangka panjang organisasi.

Mengapa manajemen stratejik itu penting?
Perencanaan adalah proses yang mencakup medefinisikan sasaran organisasi, menetapkan strategi menyeluruh untuk mencapai sasaran itu, dan menyusun serangkaian rencana yang menyeluruh untuk mengintegtasikan dan mengkoordinasikan pekerjaan organisasi.



Proses Manajemen Stratejik
Proses manajemen stratejik adalah prose enam langkah yangmencakup perencanaan, implementasi, evaluasi, dan stratejik.

Analisis Eksternal
Peluang adalah kecenderunga positif factor-faktor lingkungan eksternal.
Ancaman adalah kecenderungan negatif faktor-faktor lingkungan ksternal.

Analisis Internal
Kekuatan adalah kegiatan apa saja yang di lakukan dengan baik oleh organisasi atau sumberdaya unit apa saja yang di miliki oleh organisasi.
Kelemahan adalah kegiatan yang tidak dapat di lakukan dengan baik oleh organisasi tersebut atau sumber daya yang di butuhkan tapi tidak di miliki.
Kopetensi inti adlah keterampilan, kemempuan, dan sumber daya utama organisasi yang mampu menciptakan nilai dan menemukan senjata persaingan organisasi itu.
Analisis SWOT adalah analisis mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman organisasi.


Jenis Strategi Organisasi

Strategi Tingkat Perusahaan
Strategi tingkat korporasi adalah strategi organisasi yang berusaha menentukan bisnis apakah yang seharusnya dimasuki atau yang ingin di masuki perusahaan.

Pertumbuhan
Strategi pertumbuhan adalah strategi tingkat perusahan yang berusaha untuk meningkatkan operasi organisasi dengan memperluas jumlah produk yang ditawarkan atau pasar yang di layani.
Diversifikasi yang berkaitan adalah ketika perusahaan bertumbuh dengan melakukan merger dengan atau mengambil alih perusahan dalam industri yang berbeda tetpi terkait.
Diversifikasi Yang Tidak Berkaitan adalah ketika perusahaan bertumbuh dengan melakukan menger atau mengambil alih perusahan dalam industri yang berbeda dan tidak terkait.
Strategi stabilitas adalah strategi tingkat korporasi yang dicirikan oleh tindakan perusahaan yang berarti.


Strategi Pembaharuan
Strategi pembaharuan adalah stetagi tingkat perusahaan yang di rancang untuk mengatasi kelemahan organisasional yang menyebabkan penurunan kerja.
Stategi pengurangan adalah strategi pembaharuan jangka pendek.
Strtegi perubahan haluan adalah strategi perusahaan untuk situasi dimana masalah kinerja organisasi menjadi lebih serius.
Matriks BCG adlah alat strategi yang menuntut keputusan pengalokasian sumber daya berdasarkan pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan SBU (strategic business unit).
Unit bisnis stratgic adalah bisnis (perusahaan) tunggal organisasi yang berada dalam sebuah bisnis yang berbeda-beda yang independen serta merumuskan sendiri strategicnya.


Peran Keunggulan Bersaing
Keunggulan bersaing adalah apa yang membedakan organisasi; isi khas organisasi tersebut.

Strategi Bersaing
1. ancaman pemain baru. Fakto-faktor, seperti skala ekonomi, kesetiyaan pada merek, dankebutuhan permodalan, menentukann seberapa mudah atau seberapa sulit bagi pesaing baru untuk memasuki industri tertentu.
2. ancaman produk subsidi. Faktor-faktor, sepeti biaya perpindahan dan kesetiaan pembeli, menentukan kadar sejumlah mana pelanggan cenderung membeli produk subsidi.
3. kekuasaan tawar menawar pembeli. Faktor-faktor, seperti jumlah pelanggan di pasar tertentu, informasi pelanggan, dan ketersediaan produk susidi, mentukan jumlah pengaruh yang dimiliki oleh para pembeli dalam industri teryentu.
4. kekuatan tawar menawar pemasok. Faktor-faktor, seperti derajat konsentrasi pemasok dan ketersediyaan input subsidi, menentukan jumlah kekuatan yang dimiliki oleh para pemasok terhadap perusahaan di imdustri tertemtu.
5. pesaing yang ada sekarang. Faktor-faktor, seperti tingkat pertumbuhan industri, peningkatan atau penurunan jumlah permintaan, dan perbedaan produk, menunjukan seberapa sengit persainga di antara sejumlah perusahaan di industri tertentu.

Strategi kepemimpinan biaya adalah strategi tingkatan bisnis (satu prusahaan atau divisi tertentu) yang membuat organisasi itu menjadi produser berbiaya paling rendah di dalam industri tertentu.
Strategi diferensiasi adalah strategi tingkat bisnis (satu perusahaan atau divisi tertentu) yang membuat perusahaan tertentu mampu menawarkan produk unik yang dihargai secara luas oleh para pelanggannya.
Strategi fokus adalah strategi kegiatan bisnis (tingkatan perusahaan0m yang membuat perusahaan tertentu mampu mengejar keunggulan biaya atau keunggulan diferensiasi dalam segmen industri tertentu.
Terjebak di tengah-tengah adalah siyuasi dimana organisasi tidak mampu mengembangkan keunggulan bersaing biaya rendah sekaligus bersaing diferensiasi.


Strategi tingkat fungsional
Strategi tingkat fungsional adalah strategi organisasi yang berusaha menentukan cara mendukung strategi tingkatan bisnis (tingkatan perusahaan0.




Manajemen stratejik dalam lingkungan kini

Aturan tiga
Aturan yiga adalah kekuatan bersaing dalamm sebuah industri, bila dijaga tetab bebas dari campur tangan pemerintah atau situasi kasus yang lain, tak yerelakkan lagi akan menciptakan situasi dimana tiga perusahaan akan medominasi pasar yang ada.

Keuntungan Kerugian Penggerak Pertama

Keuntungan Kerugian


reputasi untik menjadi inovasi dan
Pemimpin indusrti

keuntungan belajar dan biaya

kendali atas sumber daya yang
Langka dan menjauhkan pesaing
Dalam memperoleh akses dari
Sumber daya tersebut

peluang untuk mulai membangun hubu8ngan konsumen dan kesetiyaan konsumen ketidak pastian akan arah teknologi yang tepat dan ke pasar mana akan melangkah

resiko akan pesaing akan meniru inovasinya














Alat dan Tehnik Perencanaan

Tehnik Untuk Menilai Lingkungan

pengamatan lingkungan
pengamatan lingkungan adalah mengamati sejumlah besar informasi untuk mengantisipasi dan menafsirkan perubahaan-perubahaan di dalam lingkungan.

Informasi tentang pesaing
Informasi tentang pesaing yaitu kegiatan pengamatan lingkunga yang berusaha mengidentifikasi siapa pesaingnya, apa yang dilakukannya, dan bagaimana tidaknya akan mampu memengaruhi organisasi.

Peramalan
Peramalan yaitu perkiraan mengenai hasil yang akan di peroleh pada masa yang akan datang.

Peramalan Kuantitatif
Peramalan yang menerapkan serangkaian kaidah matematis pada serangkaian dan pendapat para pakar yang sangat ahli untuk meramalkan hasil.

Peramalan Kualitatif
Peramalan yang menggunakan pertimbangan dan pendapat para pakar yang sangat ahli untuk merasakan hasil.











Tehnik-Tehnik Peramalan
teknik Uraian Penerapan
kuantitatigf
Analisis rangkaian waktu (time series analysis)


Model regresi.




Model ekonometri



Indikator ekonomi






Efek subtitusi






Kualifikasi
Pendapat juri






Komposisi armada penjual




Efaluasi pelanggan memasangkan secara tepat garis tren di sebuah persamaan matematis dan meramal kemasa depan dengan bantuan persamaan itu
Meramalkan suatu variabel berdasarkan varabe-variabel lain yang diketahui atau di asumsikan.

Menggunakan serangkaian persamaan regresi untuk mesimulasi sekmen-sekmen sistem perekonomian
Menggunakan satu atau lebih indikator ekonomi untuk meramalkan keadaan perekonomian di masa depan.


Menggunakan rumus matematis untuk meramalkan bagaimana, kapan, dan dalam keadaan apa produk atau teknologi baru akan menggantikan yang telah ada

Menggabungkan dan merata-ratakan pendapat para pakar
.



Menggabungkan perkiraan-perkiraan dari orang-orang penjualan di lapangan mengenai harapan pembelian oleh para pelanggan.
Menggabungkan perkiraan-pekiraan berdasarkan pembelian yang telah mapan meramalkan penjumlahan kwartal berikut berdasarkan data penjualan empat tahun sebelumnya.


Mencari faktor-faktor yang akan meramalkan tingkat penjualan tertentu misalnya: (harga, ongkos, pemasang iklan)
Meramalkan perubahan penjualan mobil sebagai akibat perubahan undang-undang perpajakaan
Menggunakan perubahan GNP untuk meramalkan pendapatan yang dapat di belanjakan.



Meramalkan dampak DVD player terhadap penjualan HVS player.





Mengumpulkan pendapat para manajer sumber daya perusahaan tersebut untuk meramalkan kebutuhan perekrutan lulusan perguruan tinggi tahun berikutnya.
Meramalkan penjualan laser industri untik tahun berikutnya .



Melakukan suvei ke dealer-dealer mobil utama oleh pabrikan mobil guna untuk menentukan jenis dan jumlah produk yang dikehendaki oleh para konsumen.

Penilaian Diri Berdasar Standar Pihak Lain (Bench marking)
Penilaian diri berdasar standar pihak lain yaitu pencarian praktik-praktik terbaik diantara sejumlah pesaing atau bukan pesaing yang menghasilkan keunggulan kinerja mereka.


Tehnik Untuk Mengalokasikan Sumber Daya

Sumber Daya
Sumber daya adalah aset organisasi yang mencakup keuangan, fisik, manusia, bendaa tidak berwujud dan struktur dudaya.

Anggaran
Anggaran merupakanh rencana numerik untuk mengalokasikan sumber daya ke kegiatan-kegiatan tertentu.


Penjadwalan
Penjadwalan memerini kegiatan-kegiatan mana yang harus di lakukan, urutan menyelesaikan kegiatan itu, siapa yang harus mengerjakan masing-masing kegiatan itu, dan kapan kegiatan itu harus selesai.



Grafiq gantt
Grafiq gantt yaitu grafiq penjadwalan yang di kembangkan oleh HERRY GANTT yang menunjukan output yang sebenarnya dan yang direncanakan dari priode ke priode.

Grafiq beban
Grafiq beban ialah grafiq gantt yang dimodifikasi yang menjadwal kepastian berdasarkan seluruh departemen atau sumber daya tertentu.

Analisis jaringan PERT
Jaringan kerja pert adalah diagram alur (flowchart) yang menggambarkan urutan aktifitas atau kegiatan yang di butuhkan untuk menyelesaikan proyek dan juga waktu atau biaya yang terkait dengan tiap-tiap kegiatan itu.

Event
Event adalah titik ahir yang melambangkan selesainya aktifitas atau kegiatan penting dalam jaringan kerja PERT.

Aktivitas
Aktifitas adalah waktu atau sumber daya yang di perlukan untuk maju dari event lainnya dalam jaringan kerja PERT.

Waktu ulur (slack time)
Waktu ulur adalah jumlah waktu penundaan kegiatan tertentu tanpa menunda seluruh proyek itu.

Jalur kritis
Jalur kritis yaitu urutan event atau aktifitas terpanjang dalam jaringan kerja PERT.


Analisis Titik Impas
Analisis titik impas adalah tehnik untuk mengidentifikasi titik di mana pendapatan pas memadai untuk menutup biaya total.

Pemrograman linear
Pemrograman linear yaityu peralatan yang menetapkan serangkaian kaidah mayematis ke serangkaian data mas lalu dalam rangka memperkirakan hasil.


Tehnik Perencanaan Kontenporer

Manajemen proyek
Proyek
Proyek merupakan serangkaian kegiatan sekali pakai yang memiliki titik awal dan titik ahir waktu tertentu.

Peran manajemen proyek

Terjebak di tengah-tengah
Terjebak di tengah-tengah merupakan situasi dimana organisasi tidak mampu mengembangkan keunggulan bersaing biaya rendah sekaligus keunggulan bersaing diferensiasi.

Strategi tingkat fungsional
Strategi tingkat fungsional adalah strategi organisasi yang berubah menentukan cara mendukung strategi tingkatan bisnis (tingkatan perusahaan)



Struktur Dan Desain Organisasi

Mendefinisikan struktur organisasi

Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses penciptaan struktur organisasi.

Struktur organisasi
Struktur organisasi adalah kerangka kerja formal dalam organisasi.

Desain organisasi
Desain organisasi adalah penyusunan atau pengubah struktur organisasi.
Spesialisasi kerja
Pesialisasi kerjaan adalah itngkat dimana tugas dalam sebuah organisasi di bagi menjadi pekerjaq yang berbeda; juga di kenal sebagai difisi pekerja.

Departementalisasi
Departementalisasi adalah dasar yang di gunakan untuk mengelompokan sejumlah pekerjaan menjadi satu kelompok atau satu group.

Departementalisasi fungsional
Depertementalisasi fungsional adalah mengelompokan sejumlah pekerjaan berdasarkan fungsi yang di laksanakan.

Departementalisasi produk
Departementalisasi produk yaitu mengelompokan pekerjaan berdasar lini produk.

Departementalisasi geografi
Departementalisasi geografi adalah mengelompokan pekerjaan berdasarkan kewilayahan atau geografi.

Departementalisasi proses
Departementalisasi proses yaitu mengelompiokan pekerjaan berdasar arus produk atau pelanggan

Departementalisasi pelanggan
Departementalisasi pelanggan ialah mengelompokkan pekerjaan berdasar pelanggan

Tim lintas fungsi
Tim lintas fungsi ialah sejumlah sekelompok orang yang shli dalam berbagai bidang dan kerja bersama.


Rantai Komando
Rantai komando adalah garis wewenang yang tidak terputus yang membentang dari tingkatan atas organisasi hingga tingkatan paling bawah dan menjelaskan siapa melapor kepada siapa.

Wewenang
Wewenang adalah hak-hak yang melekat pada posisi manajerial tertentu yang memberi tau orang apa yang harus dilakukan dan mengharapkan orang itu melakukannya.

Tanggung jawab
Tanggung jawab adalah kewajiban untuk melaksanakan tugas-tugas apa saja yang di bebankan
Kesatuan komando
Kesatuan komando yaitu suatu prinsip manajemen yang menyatakan bahwa tiap-tiap orang harus melapor ke satu manajer saja


Rentang kendali

Rentang kendali adalah jumlah karyawan yang dapat dikelola oleh orang manajer secara evisien dan evektif.
Rentang kendali itu penting karena hingga derajat tertentu, rentang kendali menentukan jumlah tingkatan dan manajer yang dimilikin organisasi.


Sentralisasi dan desentralisasi

sentralisasi
Sentralisasi adalah tingkat dimana pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam organisasi.

Desentralisasi
Desentralisasi adalah dimana tingkat karyawan tinkatan bahwa memberikan masukan atau benar-benar mengambil keputusan.

Pemberdayaan karyawan
Pemberdayaan karyawan ialah meningkatkan pemberian wewenang pengambilan keputusan yang baik oleh karyawan.


Formalisasi

Formalisasi adalah tingkat dimana mereka pekerjaan dalam organisasi itu terstandarisasi dan sejauh mana perilaku karyawan di bimbing oleh oleh peraturan dan prosedur.



Keputusan desain organisasi

Organisasi mekanistik dan organik

Organisasi mekanistik
Organisasi mekanistik adalah desain organisasi yang di kendalikan secara kaku dan ketat.

Organisasi organik
Organisasi organik yaitu desain organisasi yang sangat fleksibel dan mudah di ubah.

Faktor kontigensi

Strategi dan struktur
Kebanyakan kerangka strategi saat ini berfokus pada tiga dimensi: (1) inovasi, yang mencerminkan usaha organisasi untuk mengejar inovafi yang berarti dan unik; (2) minimalisir biaya, yang mencerminkan usaha organisasi untuk melakukan pengendalian biaya secara kuat; (3) imitasi, yang mencerminkan usaha organisasi untuk meminimalkan resiko dan memaksimalkan peluang laba dengan meniru para pemimpin pasar.

Organisasi mekanistis versual organisasi organik

Mekanistis Organik
spesialisasi tinggi Tim lintas fungsi
departemen kaku  Tim lintas hierarki
rantai komando jelas aliran informavi bebas
rentang kendali sempit rentanf kendali kebar
sentralisasi desentralisasi
Formalisasi tinggi formalisasi rendah


Tekmologi dan struktur
Produk unik
Produk unik yaitu produksi unit barang dalam unit atau batch kecil

Produksi masal
Produksi masal produksi unik barang dalam batch besar.

Produksi proses
Produksi prose sadalah produksi masal dalam batch besar

Produksi proses
Produksi proses adalah produksi unik barang dalam proses yang berkelanjutan













Silakan baca-baca, maupun mengambil tugas dari sini kalau ada. Kalau tidak ada ya baca-baca aja juga tidak apa-apa, siapa pun anda, di mana pun anda perbiasakan anda untuk membaca buku, majalah, dan bacaan-bacaan lainnya agar anda mendapat wawasan yang luas, mendapat ilmu yang berguna, dan tentunya buat yang suka membaca tetap semangat!!!....

WASSALAM.......

0 komentar: